Beranda News PT Kioson Bukukan Laba Rp2,938 Miliar

PT Kioson Bukukan Laba Rp2,938 Miliar

Jakarta, Itech- Setelah sukses IPO di pasar bursa, kinerja Kioson, perusahaan teknologi penyedia jasa Online-to-Offline (O2O) e-commerce Indonesia, kian kian kinclong. Tercatat, laba bersih Kioson selama tahun 2017 mencapai Rp 2,938 miliar, dengan penjualan bersih sebesar Rp 1.130 miliar atau meningkat sebesar 4.306,92% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya (year on year -yoy).

Penjualan bersih tersebut merupakan kontribusi dari bisnis produk digital sebesar Rp Rp 1.095 miliar serta bisnis gabungan dari e-commerce dan lain-lain mencapai Rp 34.120 miliar. Sementara itu dari sisi aset, Kioson menorehkan angka yang meningkat dengan total aset lancar di tahun 2017 mencapai Rp219 miliar atau meningkat sebesar 5.881,8% year on year.

“Kami bangga, di mana tahun 2017 menjadi salah satu tonggak sejarah perjalanan Kioson sejak mulai beroperasi di 2015. Pasalnya, di tahun ini kami melakukan beberapa manuver bisnis seperti akuisisi dan menjadi startup pertama di Indonesia yang melakukan pencatatan saham di Bursa Efek Indonesia. Prestasi meningkatnya kinerja perusahaan di akhir 2017 ini merupakan hasil dari strategi bisnis yang kami lakukan sejak awal 2017 dan kami optimis untuk dapat menorehkan kinerja yang lebih positif di tahun 2018 ini dengan fokus pada ekpansi bisnis dan inovasi teknologi,” kata Jasin Halim – Direktur Utama Kioson dalam paparan persnya (16/4), di Jakarta.

Selama 2017, Kioson fokus untuk melakukan ekpansi bisnis dan perluasan pasar hampir secara merata di berbagai daerah lapisan kedua dan ketiga di Indonesia. Hasilnya, per Desember 2017, sekitar 30.000 pemilik usaha mikro, kecil, dan menengah yang tersebar di pulau Jawa dan Sumatera telah menjalin kemitraan dengan Kioson. Adapun angka pertumbuhan mitra kios ini mengalami peningkatan sebesar 400% dari tahun 2016 y.o.y.

Disebutkan, layanan Kioson di daerah pun mendapat apresiasi yang cukup baik dari masyarakat. Kota Pematang Siantar di Sumatra Utara tercatat menjadi daerah terbesar yang menyumbang pendapatan terbesar dengan presentasi sebesar 18,24% dari total pendapatan Kioson sepanjang 2017. Hal ini didukung oleh gencarnya aktivitas on ground marketing dan engagement yang dilakukan Kioson terhadap para pelaku UMKM di daerah tersebut. Pematang Siantar menjadi salah satu daerah fokus pengembangan Kioson, mengingat tingginya pertumbuhan ekonomi daerah yang disumbang oleh sektor Lapangan Usaha Perdagangan Besar dan Eceran, namun masih terbilang cukup rendah dari sisi pemanfaatan layanan digital.

Merespon tingginya minat masyarakat akan layanan Kioson, tahun ini Perseroan juga mulai fokus membangun inovasi teknologi dan kerjasama strategis guna mendukung pertumbuhan kesejahteraan mitra lewat peningkatan pendapatan dan skala usahanya. Setelah meresmikan kerjasama terbarunya dengan salah satu BUMN logistik Indonesia yang memungkinkan mitra kios menjalankan bisnis sebagai agen pengiriman logistik, di 2018 ini Kioson akan menjajaki berbagai kemungkinan kolaborasi dengan perusahaan-perusahaan terkemuka baik di bidang telekomunikasi, perbankan, keuangan, asuransi serta e-commerce sebagai channel penjualan langsung. Hal ini dilakukan guna menambah kenyamanan dan fitur yang tersedia di aplikasi Kioson bagi para mitra. (Red-AC)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here