JD Richard-Liu
Bos JD.Com, Richard Liu

Kepala eksekutif pengecer online Cina JD.com, Liu Qiangdong, ditangkap secara singkat di AS atas tuduhan perilaku seksual kriminal.

Liu, salah satu orang terkaya di China, ditangkap di Minneapolis sesaat sebelum tengah malam pada hari Jumat minggu lalu dan dibebaskan pada Sabtu sore esoknya.

JD.com mengatakan Liu, yang juga dikenal sebagai Richard Liu, dituduh secara keliru. Polisi mengatakan penyelidikannya masih terbuka.

JD.com, juga dikenal sebagai Jingdong, memiliki aliansi dengan Tencent dan Walmart.

Baca juga: JD.ID Hadirkan “Toko Pintar” Pertama di Asia Tenggara

JD.com mengatakan dalam sebuah pernyataan di platform media sosial Cina, Weibo bahwa penangkapan Liu di Minnesota didasarkan pada “tuduhan yang tidak dapat dibuktikan kebenarannya”.

“Polisi setempat dengan cepat memutuskan tidak ada substansi untuk klaim terhadap Liu dan dia kemudian dapat melanjutkan kegiatan bisnisnya seperti yang direncanakan semula,” katanya.

Polisi Minneapolis mengatakan mereka tidak merilis informasi lebih lanjut mengenai kasus ini karena tetap kasusnya masih aktif.

“Kami membuat keputusan untuk membebaskannya, hal itu tidak menunjukkan kekuatan bukti,” John Elder, petugas informasi publik polisi, mengatakan kepada BBC.

“Sama sekali tidak ada larangan dalam perjalanannya. Pemahamannya adalah jika kita perlu berhubungan dengannya, kita akan bisa melakukannya.”

Baca juga: Server Bukalapal dan JD.ID Tumbang, Berapa Kerugiannya

Liu memiliki kekayaan bersih US$ 7.9 milyar saat ini (£ 6.1 milyar), menurut Forbes. Dia berbagi tempat di posisi nomor 140 dengan dua orang lain di daftar miliarder Forbes pada tahun 2018, di mana kekayaan bersihnya mencapai $ 10.8 milyar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here