Beranda Tips & Trick Tips Jaga Security Komputer ala Kaspersky

Tips Jaga Security Komputer ala Kaspersky

 

ComputerSecurityMaraknya penyadapan dan pembajakkan komunikasi online akhir-akhir ini, dengan aktor utama Amerika Serikat dan Australia, bisa menjadi Momentum untuk mengevaluasi kembali keamanan berpesiar di dunia maya.

Kaspersky, perusahaan penyedia layanan keamanan komputer dan internet dunia, mengatakan cara paling ringkas untuk menjaga kenyamanan online adalah dengan selalu memperbarui peranti antivirus dan selalu menggunakan password yang kuat. “Gantilah password Anda secara teratur, maka pada dasarnya Anda sudah terlindungi,” tulis Kaspersky seperti dilansir dalam blog resminya, Kamis (7/11/2013).

Namun jika ingin lebih memastikan keamanan di internet, ada enam tips ringkas yang diberikan Kaspersky:

1. Periksalah firewall komputer Anda

Kedengarannya rumit, tetapi sebenarnya tidak. Jika Anda menggunakan sistem Windows, masuklah ke control panel dan ketika “firewall” di kotak pencarian. Jika status firewall Anda “on” atau “connected”, maka Anda sudah aman. Jika Anda menggunakan Mac, klik di ikon Apple, masuk ke “system preferences”, lalu klik “security”, dan masuk ke “firewall”. Klik “start” untuk menyalakan firewall Anda.

 

2. Selalu back up data Anda

Dengan menyimpan salinan data di tempat lain, pekerjaan dan data-data penting bisa diselamatkan jika komputer Anda mengalami masalah. Selain itu Anda akan selamat dari ancaman ransoware, yang menyasar, mencuri, dan mengunci data-data sensitif Anda.

 

3. Hindari website penipu

Menemukan website penipu memang agak sukar. Tetapi ada satu cara untuk mengasah keterampilan Anda: setiap kali akan masuk website perbankan, memasukkan data kartu kredit, atau memasukkan data email Anda, pastikan URL atau link situs yang Anda akses diawali dengan “https://”.

 

4. Hindari tawarannya yang menggiurkan

Jika Anda melihat penawaran smartphone dengan potongan harga hingga 90 persen, maka itu patut dicurigai sebagai penipuan. Biasanya website atau iklan yang menawarkan jualan yang menggiurkan, mengincar informasi kartu kredit Anda.

 

5. Jangan membuka email dari orang yang tidak Anda kenal

Yang terpenting, jangan buka lampiran atau attachment yang termuat dalam email tersebut. Email dari rekan yang Anda kenal pun bisa berbahaya jika mengandung tautan atau link yang aneh. Lampiran atau tautan-tautan itu biasanya mengandung program berbahaya yang bisa membajak atau mencuri informasi penting dari komputer pribadi Anda.

 

6. Jangan pernah memberikan informasi penting di website yang tidak Anda percayai

Berikan informasi tentang diri Anda hanya pada website yang betul-betul Anda percayai. Sosial media sekalipun perlu Anda curigai jika sudah meminta informasi-informasi yang rinci tentang pribadi Anda. Jika tidak, Anda bisa menjadi korban pencurian identitas. (marcapada@yahoo.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here