Beranda Article Commonwealth Bank – Mastercard Dukung Womenpreneur

Commonwealth Bank – Mastercard Dukung Womenpreneur

Jakarta, Itech- Commonwealth Bank dan Mastercard menjalin kerja sama untuk mendorong upaya peningkatan inklusi keuangan bagi kaum perempuan Indonesia. Dalam kerja sama ini, Commonwealth Bank memanfaatkan inovasi melalui teknologi untuk pengembangan sarana pembelajaran digital, serta pengembangan aplikasi WISE untuk bisa menjangkau masyarakat lebih luas secara nasional, khususnya mendorong womanpreneur (wirausahawan perempuan).

PT Bank Commonwealth (Commonwealth Bank) dan Mastercard, mengumumkan kerja sama yang bertujuan untuk mendorong peningkatan inklusi keuangan bagi kaum perempuan Indonesia. Kerja sama yang dilakukan di bawah program WISE, yaitu meliputi upaya memperkuat jaringan formal dengan menciptakan pertukaran pengetahuan dan kemampuan perempuan pengusaha.

Di samping itu juga inovasi melalui teknologi, dilakukan dengan pengembangan sarana pembelajaran digital, serta pengembangan aplikasi WISE sehingga bisa menjangkau dan berdampak lebih luas secara nasional. Selain itu, mengembangkan penelitian dalam literasi dan inklusi keuangan, guna memahami lebih dalam solusi-solusi untuk memperkuat inklusi keuangan dan pertumbuhan ekonomi yang merata di Indonesia.

Pada awal tahun 2017 lalu, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mempublikasikan riset literasi dan inklusi keuangan Indonesia. Literasi keuangan berada di level 29,66%, sementara inklusi keuangan sebesar 67,82%. Data ini menunjukkan pentingnya kontribusi pelaku industri dalam mendukung peningkatan literasi dan inklusi keuangan lewat program-program edukasi, sehingga dapat membantu pemerintah dalam merealisasikan target inklusi keuangan sebesar 75% pada tahun 2019.

“Kami sangat senang atas terwujudnya kerja sama dengan Mastercard, terutama melihat kesamaan komitmen antara kedua perusahaan dalam mendukung upaya pemerintah untuk merealisasikan target indeks literasi dan inklusi keuangan,” ungkap Lauren Sulistiawati, Presiden Direktur Commonwealth Bank pada acara penandatanganan naskah kerja sama dengan Mastercard, (31/8), di Jakarta,

Commonwealth Bank meyakini peningkatan pemahaman sekaligus akses ke layanan finansial, khususnya melalui jalur digital, akan membantu masyarakat Indonesia untuk mencapai kesejahteraan finansial yang lebih baik, serta memperkuat ekonomi Indonesia secara keseluruhan.

“Melalui program WISE, kami berfokus pada perempuan Indonesia karena mereka memiliki pengaruh finansial yang lebih besar dalam kehidupan pribadi mereka dan di dalam komunitas lokal yang lebih luas. Saat ini, lebih dari 2.500 perempuan Indonesia telah mengikuti kelas WISE secara tatap muka dan lebih dari 3.500 orang telah mengunduh digital platform WISE App untuk mendukung literasi keuangan perempuan Indonesia,” ujarnya.

Berdasarkan data dari International Finance Corporation, setengah dari perusahaan kecil menengah Indonesia dimiliki oleh perempuan, dan berkontribusi sebesar 9,1% terhadap pendapatan domestik bruto (PDB) negara. Melalui kerja sama ini, Commonwealth Bank dan Mastercard akan membantu mendorong pertumbuhan bisnis perempuan pengusaha Indonesia dengan meningkatkan kemampuan bisnis, pemahaman akan pembiayaan, serta menambah pengetahuan mengenai pelanggan dan tren pasar. Selain itu, Commonwealth Bank dan Mastercard juga akan berinvestasi dalam penelitian, sehingga bersama-sama dapat mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia yang kuat dan inklusif.

“Inklusi keuangan adalah bagian tidak terpisahkan dari komitmen Mastercard terhadap Indonesia. Kami percaya bahwa dengan membantu memaksimalkan potensi perempuan pengusaha dalam memperluas bisnis mereka akan turut mendukung pengurangan ketimpangan penghasilan sekaligus memperkuat usaha kecil dan menengah sebagai mesin pertumbuhan ekonomi Indonesia”, kata Safdar Khan, Division President, Indonesia, Malaysia and Brunei, Mastercard, saat memberikan sambutannya.

Dia meyakiin kerja sama dengan Commonwealth Bank akan memberikan kontribusi ekonomi untuk usaha kecil dan menengah sekaligus meningkatkan kualitas kehidupan perempuan pengusaha dan keluarga mereka. Kolaborasi ini dihadirkan oleh dua perusahaan karena keduanya memiliki kesamaan visi, nilai, dan komitmen jangka panjang terhadap ekonomi Indonesia yang dinamis dan inklusif. (Red-AC)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here